Yamaha XTZ1200 Super Tenere

Yamaha membangkitkan kembali kenangan masa kejayaannya di Dakar Rally tahun 1980'an hingga 1990'an dengan meluncurkan Yamaha XTZ1200 Super Tenere. Pada era itu Tenere merupakan motor yang didambakan para perally karena memiliki keunggulan daya jelajah, performa andal di jalan off-road serta ringan dan lincah bermanuver di perbukitan.
XTZ1200 Super Tenere diklaim tetap menyuguhkan keandalan legenda Tenere. Perancang bangun dari Yamaha memfokuskan pada chassis yang seimbang dan distribusi bobot pada ban depan yang optimal. Mereka juga mendesain chassis agar pengendara tidak mengalami kelelahan selama berada di atas motor. Material pipa baja ringan dipercaya sebagai main frame, sedangkan frame belakang menggunakan alumunium.


Pada bagian mesin disuguhkan jantung pacu 4-Tak, dua silinder segaris bersudut 270 derajat ini memiliki kapasitas 1.199 cc. Diameter silinder 98 mm dan langkah silinder 79,5 mm dihadapkan pada kompresi 1:11, diyakini menyuguhkan tenaga 110 hp pada 7.250 rpm.  Agar pembakaran kian optimal, pada tiap ruang bakar disuguhkan sepasang busi.




Fitur teknologi terkini juga disuguhkan pada XTZ1200 Super Tenere. Sistem YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang mampu memonitor bukaan gas dari pengendara yang kemudian diteruskan ke ECU untuk menghitung secara pintar bukaan katup gas kemudian dilanjutkan mengirim sinyal ke servomotor agar pasokan udara terkontrol. Sistem ini dapat membaca dengan kecepatan 1/1000 detik, teknologi yang sudah diterapkan pada MotoGP dan motor massal lainnya Yamaha YZF-R6 tahun 2006.



XTZ1200 Super Tenere yang mengusung tangki bahan bakar 23 liter ini sudah dilengkapi fitur deselerasi ABS dengan piringan cakram 310 mm di bagian depan dan 282 mm di belakang. Velg alumunium model Double T akan dipasangkan ban depan 110/80 19 inci di depan dan 150/70 17 inci di belakang.


 by:autocar

2 komentar:

Ridone mengatakan...

keren neh mas motornya. dah masuk indonesia kah ?

Pelita mengatakan...

ni kan ada versi lamanya kan mas ? gw seneng banget neh ma yang ini. thanks for info

Posting Komentar

easy money

on

...

b-u-x