Honda New Insight 1.3L i-VTEC

New Insight yang merupakan generasi kedua sejak lahir pertama pada 1999 ini merupakan bukti komitmen Honda Motor Co. Ltd., dalam menjawab tantangan mobil hybrid yang ramah lingkungan, irit bahan-bakar, namun tidak mengenyampingkan performa dan kenyamanannya. Wajah depan New Insight hampir meniru model FCX Clarity yang juga salah satu mobil listrik flagship lingkungan. Desain eksterior New Insight mengadopsi konsep “Aerostreet”, yakni hatchback dengan alur garis bodi yang melandai dari atap hingga menyambung ke buritan belakang yang tinggi. Desain seperti ini memperkecil nilai tahanan angin dan mengurangi efek turbulensi. Tak heran, New Insight mampu menorehkan nilai Cd 0,28 yang berarti Insight masuk dalam kelas mobil berhambatan angin paling rendah. 

Masuk ke kabinnya, posisi duduk cukup nyaman berkat jok ergonomis yang lembut dan sudut pandang luas ke berbagai arah. Desain dashboard melandai, memuat berbagai panel instrumen yang informatif dan mudah pengoperasiannya. Material interior juga terlihat rapi dan berkualitas.



Yang menarik, New Insight sarat dengan informasi bagaimana berkendara yang bersahabat dengan alam. Fitur ECO Assist system pada New Insight memiliki tiga fungsi, yakni tombol ECON mode (terletak di dekat roda kemudi) untuk memfungsikan dan mensinergikan sistem kontrol output mesin, memperbesar idle stop, transmisi CVT, IMA (Integrated Motor Assist) dan cruise control, menambah volume charging baterai saat deselerasi, serta menghemat pemakaian AC. Lalu, warna speedometer yang dapat berubah dari biru menjadi hijau. Biru menandakan konsumsi bensin agak boros, dan hijau berarti sangat ekonomis atau irit dalam penggunaannya. Terakhir, Eco Guide, yang dalam MID ditampilkan dengan 5 gambar daun. Kalau gaya mengemudi seseorang cukup agresif, maka jumlah daun-daun tersebut akan terus berkurang, begitu sebaliknya, makin ekonomis driving style seseorang, maka daun yang ada akan bertambah atau tetap.

  
                                                     Honda New Insight Engine


Selama mengelilingi sisi luar sirkuit dan melintasi tipikal jalan perbukitan di Montegi, terasa sekali suara mesin begitu senyap. Perpindahan gear juga halus berkat transmisi CVT yang dirancang untuk perpindahan ’smooth’ namun responsif. Begitu pula saat perpindahan dari mesin bensin ke motor listrik dan sebaliknya. Nyaris, tidak ada jeda dan tidak terdengar suaranya. Sumber penggerak New Insight mengandalkan mesin baru i-VTEC 1.3L dengan Variable Cylinder Management (VCM) yang mengoperasikan piston sesuai kebutuhan sehingga irit bahan-bakar dengan torsi maksimal.





Untuk sistem hybrid-nya, mesin ini dipadu oleh IMA (Integrated Motor Assist) yang kini lebih kecil dan ringan. Sehingga paduan keduanya mampu mencapai efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Hasil pengujian menunjukkan tingkat konsumsi bahan bakar New Insight di rentang antara 26 kpl hingga 30 kpl. Tenaga mesin Insight berdaya 88 hp sementara motor listriknya 13 hp. Sedangkan torsi mesinnya mencapai 119 Nm dan torsi motor listrik mencapai 78 Nm.




Pengendalian New Insight saat melahap jalan berkelok, cukup stabil dan akurat. Ayunan bodi juga terasa lembut. Pada penggunaan reguler di kisaran rpm 3,500 atau lebih rendah, Insight memberikan torsi yang jauh lebih besar untuk pengendaraan sehari-hari yang menyenangkan. Seperti yang diharapkan pengemudi dari sebuah mobil Honda, Insight menawarkan stabilitas dan rasa berkendara yang halus, juga radius putar yang pendek, serta performa setir yang responsif. Ini yang membuatnya menjadi sebuah mobil hebat untuk perkotaan.

Kelebihan
- Konsumsi bahan bakar
- Interior yang menarik

Kekurangan
- Bagasi yang kecil

Data & Fakta
Harga       Sekitar US$ 20.000
Mesin        1.3L i-VTEC dengan VCM
Motor listrik    IMA 13 hp dan 78 Nm
Tenaga        88 hp dan 119 Nm
Transmisi    CVT
Akselerasi 0-100 n/a
Konsumsi BBM  26 – 30 kpl

0 komentar:

Posting Komentar

easy money

on

...

b-u-x